Tokoh Gereja Interdenominasi

Minggu, 04 April 2010

Tokoh Gereja Interdenominasi

Alkitab Berjalan


Tokoh Iman yang diberi gelar Alkitab Berjalan, sebab kemampuannya menghafal seluruh isi pasal 119 mazmur dari ayat terakhir hingga ayat pertama (gelar tersebut diberikan saat sedang mengikuti Sekolah Alkitab di Beji/baca buku Alumni Alumni Beji Batu Malang).


Paulus Lumoindong
Pdt. Paulus Lumoindong atau lebih dikenal dengan nama Polce Lumoindong (lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 5 April 1945 – meninggal di Manado, 30 Oktober 1991 pada umur 46 tahun) adalah seorang rohaniawan Minahasa dari Sulawesi Utara, Indonesia. Pelayanannya di Jawa bernama Yhwh Jireh kemudian ke Sumatera, Papua dan berbagai daerah di Indonesia. Ia adalah seorang rohaniawan nasional Indonesia yang melayani diberbagai gereja. Putra dari Frits Salem Lumoindong (Opanya Gilbert), Paulus Lumoindong juga sebagai tokoh gereja dan tokoh lintas gereja. Salah satu pejuang gerakan Persekutuan Doa tahun 1966-1980). Ia dikenal dengan sebutan: "Si Alkitab berjalan" yang artinya: menyampaikan ceramah, khotbah dengan dapat menyebutkan satu pasal kata demi kata tepat seperti isi kitab, bahkan dalam berbagai ejaan dan terjemahan. Pemberian gelar tersebut diberikan padanya saat sedang mengikuti sekolah Alkitab dibeji batu malang tahun 1667-1668 (tercatat sebutan tersebut pada buku Alumni). Seorang hamba Tuhan yang rajin mengadakan doa puasa semasa sekolah Alkitab hingga dalam pelayanan. Dalam pelayanannya di sebuah KKR seorang fotografer memotret dan tampak bayangan wajah manusia malaikat dipercaya sebagai penampakan kehadiran Tuhan dalam pelayanannya. Kesukaannya menyelidiki kitab suci dalam berbagai terjemahan, dari bahasa Belanda, Inggris, Klinker, Bode, Melayu tua, kitab bahasa daerah dan sebagainya.

Ia seorang Penginjil pengobar api kebangunan rohani, pelayanannya diertai Tuhan dengan manifestasi karunia Roh Kudus baik nubuatan, kesembuhan, mujizat banyak terjadi dalam pelayanannya. seorang yang disiplin dan tegas dalam memegang kebenaran, itu sebabnya para kenalannya yang masih berjalan menyimpang dalam melayani menyebutnyan terlalu keras, tidak kompromi. Pernah seorang pelayan yang sudah menikah dengan istri kesekian saat hadir dalam ibadah yang sementara ia berkhotbah sang pelayan "bernubuat" yang dibuat-buat, yang menyela ditengah khotbah karena khotbah tersebut mengajarkan kekudusan kerkawinan. Sang pelayan langsung tertemplak dengan khotbahnya yang mengandung roh nubuatan sejati. Si pelayan ditegor didepan umum. Ia seorang yang tidak komproni dengan pelayan yang main-main dengan dosa.

Ia sebagai penerus pelayanan Persekutuan Pinkstergemeente, Indonesia.
Paulus Lumoindong juga adalah Ketua Yayasan Missi Sejahtera yang pertama. Ia penggagas dan pendiri gerakan persekutuan kerja-sama antar gereja indonesia, pendiri persekutuan ibadah bahasa daerah Minahasa.

Ia meninggal di Manado saat sedang menjabat sebagai Ketua persekutuan Jemaat Pentakosta Indonesia. Ia wafat pada tanggal 22 Oktober 1991 dan dimakamkan di Manado. Anak-anaknya menjadi hamba Tuhan yaitu David DS Lumoindong , Revielviano Offily Lumoindong , Trivijaya E Lumoindong , Vigielia Oral C Lumoindong .




DDS Lumoindong
Email: pelayananjpi@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar